Sunday 26 August 2012

Minyak goreng meletus2 kena air



Mengapa klo minyak goreng kena air mletus2 (waktu menggoreng)?

klo bisa reaksi kimianya juga kayak gmana???

JAWAB:
bukan reaksi kimia..
karena titik didih n berat jenis air ma minyak tuh beda
titik didih air lebih kecil dari minyak trus berat jenis air lebih besar dari minyak
jadi kalo minyak bercampus air.. air mengendap di bawah... trus kalo dipanaskan air akan lebih dulu menguap.. jadi dia berubah menjadi uap n lebih ringan sehingga mendesak dari dasar minyak ke atas (sifat uap).. dari halil desakan itulah terjadi letupan2 kecil

itu pemikiran n bahasa sederhananya... moga kamu bs ngerti

Sebenarnya tidak ada reaksi kimia antar minyak dan air karena yang seperti kita ketahui bahwa minyak dan air adalah non polar dan polar, tidak bersatu dan tidak bereaksi kecuali ada zat perantara nya..

Kejadian mletus2 itu tidak harus adanya kehadiran air, waktu kita menggoreng minyak tidak usa ditambahi air pasti sudah meletus2.. Itu karena diakibatkan suhu yang tinggi yang mendekati titik didih dari minyak (kurang lebih 300 C).. Jika dipanaskan dengan pemanas air (water bath) saja suhu hanya mencapai 100 C, minyak akan tetap diam tidak meletus2..
Tapi jika saat kita menggoreng di atas wajan dimana suhu bisa mencapai setinggi2nya dan sampai ke titik didihnya (tidak terbatas)..
Kalau mau bukti coba gorenglah minyak dalam waktu berjam jam, tapi jangan lupa wajannya ditutup agar kita tidak terkena letusannya.
Seteleh beberapa jam, matikan kompornya, buka tutupnya, maka km tidak akan menemukan satu tetespun minyak yang ada. Karena semua minyak sudah menguap (diakibatkan suhu kompor lebih tinggi dari titik didihnya sehingga minyak berubah fase dari cair ke uap), fenomena ini sama halnya seperti air yang menguap karena suhu yang diberikan melebihi titik didihnya yaitu 100 C.

No comments:

Post a Comment