Sunday 26 August 2012

Wadah Tertutup Berisi Es Krim (tugas Termodinamika)



Pendahuluan
Salah satu fenomena menarik yang dapat diamati di sekitar kita khususnya yang ada                 di dapur adalah wadah tertutup yang berisi es krim. Fenomena yang teramati yakni perubahan temperatur wadah dari rendah ke tinggi hingga menjadi sama dengan lingkungan. Naiknya temperatur wadah dapat diamati dari es krim di dalam wadah yang berubah wujud menjadi cair. Perubahan temperatur ini disebabkan karena adanya perpindahan energi dalam bentuk kalor. Perpindahan energi terjadi akibat perbedaan temperatur. Pada kasus ini, lingkungan yang bertemperatur lebih tinggi akan kehilangan energi dalam jumlah tertentu dan wadah yang bertemperatur lebih rendah akan memperoleh energi yang besarnya sama dengan energi yang hilang tadi. Proses ini berlanjut hingga mencapai kesetimbangan termal.

Sistem dan Lingkungan
Sistem termodinamika adalah bagian dari alam semesta fisik yang ada dalam pengamatan. Sistem tersebut terpisah dari lingkungannya oleh suatu batas. Pada wadah tertutup yang berisi es krim,wadah merupakan sistem dan lingkungannya adalah dapur. Batas dari es krim dengan dapur adalah dinding bagian luar wadah.

Energi Sistem
Setiap sistem memiliki energi sistem. Begitu pula wadah tertutup yang berisi es krim. Energi yang dimiliki oleh sistem adalah energi potensial, kinetik, dan energi atom. Energi sistem ini bukan merupakan satu jenis energi yang spesifik, melainkan kumpulan dari berbagai jenis energi yang disatunilaikan. Kita tidak mungkin mengetahui nilai mutlak energi dalam sistem manapun,tetapi dalam termodinamika kita hanya berhadapan dengan perubahan energi dalam. Energi dalam merupakan sifat keadaan , hanya bergantung pada keadaan awal –akhir.

Interaksi Sistem Lingkungan : Perubahan Energi Sistem
Sistem akan berinteraksi dengan lingkungannya. Adanya interaksi sistem-lingkungan menyebabkan perubahan energi sistem yang terjadi salah satunya dengan perubahan temperatur. Dalam kasus ini temperatur wadah es krim akan naik dalam jangka waktu tertentu. Aliran energi terjadi dari lingkungan ke sistem dan energi yang mengalir berupa kalor, sehingga pada sistem ini tidak terjadi kerja (melakukan ataupun dilakukan kerja, W=0).


 Daftar Pustaka

ABC Termodinamika Kimia, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia,1995, Suwandi M. hal 5-7
Kimia Fisika versi SI, jilid 1, edisi kelima, Robert A Alberty, Farrington Daniels, alih bahasa DR. N.M Surdia, 1983, Penerbit Erlangga, Jakarta, hal 3-10
Termodinamika Prinsip dan Aplikasi, jilid 1, edisi bahasa Indonesia, Michel A. Saad,alih bahasa Zulkifli Harahap, 1999, Prenhallindo, Jakarta, hal.5

No comments:

Post a Comment